[monolog] kamu, aku dan mereka

tak ada yang bisa mengaturmu
tak ada yang memanfaatkanmu

mereka tak akan menyangka bahwa kamu sebenernya…

Posted in #aksararaska, #catatanperjalanan | Tagged | Leave a comment

Perempuan kuat Bertahan, Lelaki terus Berjalan

Dibalik keindahan alam, terbitnya matahari dan redupnya rembulan, baik dan jahat bermain peran. Lelaki dan perempuan, hewan dan tumbuhan, para pemeran, beberapa amatiran dan sebagian kawakan.

Peran lain yang ingin tidak begitu kelihatan kini mulai muncul ke permukaan, selain lelaki dan perempuan, hewan dan tumbuhan.

Ketika semua ingin tampil, menghilangkan nyawa pun dilakukan. Manusia membunuh manusia, manusia membunuh hewan, manusia membunuh tumbuhan. Hewan dan tumbuhan sedari dulu telah menjadi korban.

Continue reading

Posted in #aksararaska, #budaya, #LiFe, #opini | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Sepiring Kata, Segelas Asa

Posted in #LiFe | Leave a comment

||||||||| DONASI TERBUKA ||||||||| Dengan HANYA (minimal) 50,000 RUPIAH, Kamu Sudah bisa membantu korban terdampak bencana dan juga Relawan yang masih, hingga detik ini, mendampingi masyarakat seperti Warga Dusun 3 Desa Lombonga, Kec. Balaesang Kab.Donggala

Dengan donasi tersebut, teman2 akan mendapatkan 250 gr kopi Oplet

Kontak:
=> Bogor
BNI
Norek 0435 2095 33
An Juan Emyr Carlos
.
.
.
=> Sulawesi
CP @che_ment
Dusun 3, Desa Lombonga, Donggala
BNI 0177053030
an Arif munandar
.
.
.
=> Lombok
Rek posko masyarakat medas bawak bagek bangkit mandiri
Mandiri. 161-00-0475733-7 Mislihan

Cc:
Pengurus Pos Masyarakat Dan Pendamping Badan SAR & PB FK KBPA BR
Program : Pendampingan Pos Masyarakat Pengananan Bencana ( PMPB ) Tingkat Dusun

#penggalangandana #lombonga_bangkit_mandiri
#keluarga_besar_pecinta_alam_bandung_raya

Link to IG

View this post on Instagram

||||||||| DONASI TERBUKA ||||||||| Dengan HANYA (minimal) 50,000 RUPIAH, Kamu Sudah bisa membantu korban terdampak bencana dan juga Relawan yang masih, hingga detik ini, mendampingi masyarakat seperti Warga Dusun 3 Desa Lombonga, Kec. Balaesang Kab.Donggala Dengan donasi tersebut, teman2 akan mendapatkan 250 gr kopi Oplet Kontak: => Bogor BNI Norek 0435 2095 33 An Juan Emyr Carlos . . . => Sulawesi CP @che_ment Dusun 3, Desa Lombonga, Donggala BNI 0177053030 an Arif munandar . . . => Lombok Rek posko masyarakat medas bawak bagek bangkit mandiri Mandiri. 161-00-0475733-7 Mislihan Cc: Pengurus Pos Masyarakat Dan Pendamping Badan SAR & PB FK KBPA BR Program : Pendampingan Pos Masyarakat Pengananan Bencana ( PMPB ) Tingkat Dusun #penggalangandana #lombonga_bangkit_mandiri #keluarga_besar_pecinta_alam_bandung_raya

A post shared by Tb. J. E. C. Lawalata (@tuanjuan_) on

Posted in #LiFe | Leave a comment

K a l a

Manglayang

Setiap perjalanan pasti ada cerita.

(17/6) Sore ini, ketika hujan kembali memberikan kesejahteraan bagi tanaman dan bumi, sambil duduk ditemani secangkir kopi, kulihat album foto tentang perjalananku. Tidak ada yang baru, itu yang pertama terlintas dalam benakku. Dulu, ketika masih bekerja sebagai budak korporat, gaji tiap bulan pasti disisihkan untuk melakukan perjalanan. Traveling kalo orang-orang bilang, adalah salah satu kebutuhan dalam hidup yang sudah ada dalam DNA manusia. Hijrah kalo pake istilah kearab-araban. Dan tak peduli menggunakan istilah mana pun, perjalanan adalah suatu kebutuhan. Selama ada perpindahan dari satu tempat ke tempat lain, membutuhkan waktu dan mengeluarkan energi untuk melakukannya, maka itu adalah konsep perjalanan yang aku pakai selama ini. Mengadopsi rumus gerak dan perpindahan dalam ilmu fisika

“Ribet amat mau jalan-jalan doang kok harus ngitung pake rumus fisika” ujar seorang teman yang jengah dengan keribetan setiap kali kita mau jalan bareng.

“Setidaknya dengan keribetan gw ini, nanti semua kebutuhan lu bakal terpenuhi mulai dari menu makan dengan hitungan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh, peralatan dan perlindungan yang nyaman ketika di alam atau pilihan moda transportasi yang murah, tidak terlalu nyaman tapi bisa menikmati kebersamaan dan keindahan alam” paparku panjang kali lebar kali tinggi padanya.

“Emang jago bacot lu, kaleng kerupuk” timpalnya kesal lalu ngeloyor pergi sambil misuh-misuh.

Maung ya mengaum kalau diganggu, ucapmu dalam hati sambil terus packing keperluan buat dijalan nanti.

Suryakencana

***

Tujuan kala itu adalah gunung sejuta umat,gunung Gede-Pangrango yang terletak di Taman Nasional Gede Pangrango. Akses masuk wilayah melalui daerah Cibodas, Cipanas, pintu masuk utama TNGP. Pintu masuk lainnya melalui Gunung Putri, Cipanas dan Selabintana, Sukabumi. Karena kebetulan perjalanan ini membawa nama lembaga pendidikan tempat kamu bernaung,jadi ga bisa sembarangan bawa logistik atau perabotan lenong yang biasa dibawa ketika sedang main ke hutan. Lagipiula, acara utamanya merupakan seminar tentang Volcanology Gede Pangrango Mountain. Jadi, ga ada waktu juga buat bersenang-senang seperti mandi telanjang di curug atau gelayutan di pohon sambil tidur kalong. Mungkin lain kali, saat ini harus pasang topeng serius karena undangan yang kamu terima jelas-jelas mengharapakan kalian sebagai perwakilan dari bidang studi Geofisika dalam seminar Volcanology ini, sebagian besar yang hadir merupakan mahasiswa Geologi atau Pertambangan.

“udah beres belom packing­-nya!?” tetiba suara cempreng Aphe membuyarkan suara-suara dalam kepala tadi.

“suek lu, bikin kaget. Biasa aja napa ga usah bentak-bentak gitu klo nanya?emang gw maba?”hardikmu sambil menarik tali tutup tas carrier. “udah, beres. Kita bawa satu carrier untuk shelter (tenda dan flysheet), peralatan masak dan SB. Dua daypack elu berdua yang bawa, isinya cemilan buat di jalan ama peralatan pribadi lu berdua.”lanjutmu kepada Aphe dan Onne

“lah terus peralatanpribadi lu mana?”TanyaOnne dengan wajah heran.

“Ini yang gw pake. CD kan bisa side A/Side B. kaos satu, jaket anorak. Udah. Sikat gigi udah ditas. Gaperlu bawa sabun, kasian air hutan lu cemarin pake bahan-bahan kimia. Alam udah…”

Belum selesai kamu meneruskan kalimat tadi ketika Aphe menghardik:

“Yak!. Paham! Alam akan rusak, anak cucu kita ga akan bisa menikmati keindahan alam beserta isinya.Kuliah singkat yang sama setiap kali mo jalan.”berkata sambil nyengir-nyengir lalu mengambil daypacknya.

“udahlah, langsung aja jalan” timpal Onne, “keburu siang ntar malah kemaleman kita ampe Bogor”

Dan mereka pun bergerak dari kampus mereka menuju Taman Nasional Gede Pangrango.

(19/6) Telah ditemukan jasad salah seorang pendaki dari Bandung, yang dilaporkan hilang bersama beberapa pendaki lain. Pendaki-pendaki yang sedang melakukan pendakian massal di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tersebut terdaftar sebagai peserta Seminar Volcanology yang diadakan pada tanggal (18/6) oleh mahasiswa Geodesi Universitas Pakuan Bogor. Jumlah peserta pendakian massal berkisar 250 orang dan jumlah panitia sekitar 10% dari jumlah tersebut. Kami masih menunggu kronologis serta hasil autopsi dari Forensik dan laporan Polres Cipanas. Pihak keluarga telah dihubungi untuk membantu proses identifikasi korban. Pihak Universitas Pakuan tidak bisa dihubungi dan panitia pelaksana pun masih dalam tahanan untuk diinterogasi lebih lanjut mengenai insiden ini. (tj)

Posted in #LiFe | Leave a comment

#perjalanan adalah sebuah kata bermakna banyak

Kopi, buku dan catatan #perjalanan menjadi teman setia dalam menikmati hujan https://t.co/SUtSU83juk

Karena setiap pejalan akan selalu mengenang langkah-langkah kaki ketika meninggalkan jejak di tempat ia berpijak dahulu, sekarang dan kelak. [sebuah utas] https://t.co/x5rnT17k0W

Cukup melakukan #perjalanan dengan berjalan kaki, kita akan melihat begitu banyak cerita yang mungkin takkan pernah terungkap dari balik jendela mobil atau jok sepeda motor. https://t.co/JI5mToCJ90

Seorang penjual makanan melayani pelanggan penuh senyuman #perjalanan #streetphotography #streethunters #monochromeworld https://t.co/iOHK3KFEdN

Juggler menunjukkan kebolehannya didepan penonton yang bertepuk riang. Menyedot #waktu serta perhatian semua yang ada di sekitarnya

#perjalanan https://t.co/jSqNzZE0YP

Perempuan menunggu pesanan di sebuah kios pinggir jalan. Atau perempuan itu sedang bersembunyi dari pasangan?
#perjalanan #streetphotography #streethunters https://t.co/Mf6sbqzTwC

Satu saat ketika sial datang memberi tamparan, ternyata bisa hilang (sesaat) dengan beer dingin. Sayang, ga ada Abidin. #perjalanan #streethunters #streetstyle #ceritadarijalan https://t.co/XCKoV6wt76

Dalam #perjalanan, kadang melewati batas menjadi suatu keharusan. Ketika berpikir diluar kotak kebiasaan, saat itu kita sedang berkembang.

#culture #ankorwat https://t.co/SZNtIHOQS3

Pemandangan seperti ini sudah biasa bagi wisatawan. Bahkan, tak sedikit yang menjadikan tempat ini sebagai tempat pemujaan. #perjalanan hati dan raga bisa bersinergi seiring #waktu. Kapan? Tidak ada yang tahu. Kamu sendiri perlu mencari tahu. https://t.co/2ht5akI8AK

Bahkan, berjalan seorang diri pun tak menjadi suatu alasan untuk merasa malu. Di #perjalanan kita bisa bertemu mereka yang sama-sama berjalan sendiri dan dengan senang hati berbagi #ruang dan #waktu bersamamu.

#streetphotography #streethunters #monochromeworld #bnw https://t.co/IZM9MmdkcV

Dan ketika semua itu telah berlalu, kamu selalu bisa kembali pada masa itu melalui foto kenangan #perjalanan melintasi #ruang dan #waktu https://t.co/3r3SKKqvRQ

Karena sebuah gambar menyimpan banyak cerita #perjalanan

Posted in #LiFe | Leave a comment

1 1 2 3 5 8

View on Path

Posted in #LiFe | Leave a comment

Tidak Pernah Mencoba hal Baru itu Membosankan

3 tahun kalian tidak bertemu. Kini ia Makin membengkak. Ketika kamu katakan hal itu, sebuah tinju melayang ke arah bahumu. Cukup keras. Mungkin kamu layak mendapatkannya. Perempuan tidak pernah bisa menerima komentar tentang berat badan dan umurnya.

Lalu apa kabar menjadi pertanyaan selanjutnya. Basi memang. Kamu tidak pernah bisa memulai suatu pembicaraan dengan luwes. Namun, jika sudah ketemu orang yang bisa memancing aslinya kamu untuk keluar, maka jangan harap bisa berhenti berbicara, yah setidaknya minimal dari pagi ketemu pagi.. Kalau seru bisa 3 hari 3 malam kamu berbicara, berdiskusi, mendengarkan cerita sari berbagai umur dan pengalaman. Tapi itu lain cerita, kini dihadapanmu adalah seorang single parent dengan anak dua, perempuan dua-duanya, dari suami pertama. Baru saja bercerai untuk yang kedua kalinya. Belakangan kamu baru tau kalau dari suaminya yang kedua ia pun punya seorang putri yang telah selamat sampai surga tanpa harus melewati dunia ini.

Kini ia sedang berada di dalam kamar kontrakanmu, setengah telanjang karena ia membuka hijabnya untukmu. Janji. Itu yang menjadi permasalahan di antara kalian. Janji menikah yang tidak pernah terjadi. Walau kini sepertinya perkawinan akan segera terlaksana. Ya. Akhirnya demikian.

Di kamar mandi setelah selesai dengan ronde pertama, kalian melanjutkan yang selama ini tertunda. Lalu pun didalam tenda. Semua tempat selain ranjang, karena hal itu sudah mainstream.

“ah.. Ah.. AAAaaah” itu sudah yang kamu ingat kini. Teriakan nikmat yang ia keluarkan ketika jari dan lidahmu menggali lubang kemaluannya.

“aku baru saja mulai” balasmu sambil bibir basah dengan cairannya.

DUH, sabar ya dik, kamu belum juga beraksi.

Posted in #badai, #ladies, #LiFe, #monolog, Pikiran:Kenangan, woman | Leave a comment