KKN Unpad: Dulu – sekarang

Kuliah Kerja Nyata..

Satu bulan (dulu dua bulan seingat saya) di tempat orang yang nantinya akan menjadi saudara baru kita. Melihat kawan-kawan yang pergi ke desa tempat mereka KKN lalu melihat mereka kembalui berulang-ulang ke sana hanya untuk menyapa warga sungguh bukti nyata bahwa mahasiswa bukan apa-apa tanpa adanya masyarakat di sekelilingnya.

 

Pagi ini, membaca timeline @BEMUnpad saya tergugah. Selama ini, sebelum masa KKN, berarti secara umum, mahasiswa Unpad tidak berinteraksi dengan masyarakat, tidak menyapa mereka yang berada di sekitar, mungkin terlalu sibuk dengan smartphone ditangan ketika berjalan dan sibuk dengan laptop ketika di kosan.

 

Berlanjut membaca TL rekan-rekan yang lain. Ada yang menyarankan membawa buku disaat KKN. Walau menurut saya, jangan takut tidak ada kerjaan, pasti ada banyak hal yang bisa dilakukan di desa nanti, jika kamu mau melakukan apa saja yang kamu mau. Jika tidak ada keinginan untuk bekerja bagaimana bisa kerasan dan mengenal budaya baru yang kamu belum tahu?

 

Terlihat generasi saat ini masih membawa budaya dan kenyamanan ketika masih SMA, bahkan bagi mereka yang sudah semester 7 pun demikian. Saya salahkan pola pikir mereka yang tidak dibentuk ketika memasuki dunia kampus dan nantinya ketika memasuki dunia kerja dan seterusnya. Terlihat banyak contoh nyata. KKN merupakan jembatan yang penting yang diperlukan mahasiswa untuk bisa bertahan dalam roda kehidupan masyarakat.

 

Pasti ada yang berkomentar nantinya mereka pun akan bertahan walau tidak berinteraksi dengan masyarakat karena nantinya semua juga akan menjadi individualis. Alangkah baiknya jika bisa dualisme individual, yaitu menjadi individualis yang mumpuni dan makhluk sosial yang luar biasa

 

Pentingnya KKN untuk merubah pola pikir dan menilai pentingnya nilai berhubungan sosial dengan semua lapisan masyarakat bagi mahasiswa merupakan hal yang krusial dan fatal untuk di hilangkan. Yang perlu dihilangkan ialah kesenjangan sosial dan pola pikir individualis yang egois.

Advertisements

About tuanjuan_

i'm a geek who love adventure
This entry was posted in Cuapcuap, Pikiran:Kenangan, SibukDenganPikiran and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s