Seniman Sejati

12501690_553068234846245_1422610339_n

Kamu merasa badan ini bertambah berat setelah kemarin seharian makan, bercerita dan tertawa. Kamu sadar bahwa inilah yang dinamakan bahagia. Dan kamu sadar bahwa bahwa kebahagiaan haruslah diraih, dengan jalan lurus maupun berliku dan berkerikil tajam.

Tak sulit ternyata untuk membuatku bahagia seseorang, yang ia butuhkan hanyalah seorang yang mau mendengarkan setiap kata yang ia ucapkan. Mendengar lebih banyak daripada berbicara. sehingga kita pun secara tidak sadar akan melakukan hal yang sama, bahkan mungkin lebih.

Ketika seorang telah membuat dirimu bahagia, kamu seakan berkewajiban untuk bisa memberikan sesuatu yang lebih (J. E. C. Lawalata)

Seorang temanku, ia seorang seniman, Ayahnya baru saja meninggal beberapa hari yang lalu. Ia bekerja di sebiah studio rekaman pada masa awal ia berkarir, menjadi musisi dan vokalis dari sebuah band dan menjadi pemain watak pada sebuah teater. Karena bangkrut maka ia haruslah memulai karir dari awal. Ia memulai jalur baru yaitu jalur yang bertolak belakang dari jiwanya . Ia jalani dengan keluh kesan dan terkadang sendu sedan walau tak ditampilkan. Sekarang ia telah mulai mapan. Menjadi seorang keluargawan.

Seniman lain ialah dia yang berusaha menjadi seniman karena merasa jiwanya yang tak mampu menetap pada satu situasi dan kondisi yang mapan namun ia terpaksa menjalankan kehidupan hari demi hari demi mendapat jatah makan . untuk perutnya dan perut keturunannya. Ia menjadi kritikus diawal ia menyadari jiwanya yang tak pernah diam dan melihat kebenaran dari sisi kebenaran. Sering melawan arus kehidupan karena ia yakin ia dicintai sehingga ia hanya mampu memberikan rintihan-rintihan mohon pengampunan. Ia sering kali naik dan turun dalam amplitudo hidup dengan melewati bukit dan lembah yang terkadang, bahkan sering, berbatu tajam dan berlumut sehingga licin dan tajam pada saat yang bersamaan. Namun ia mampu bertahan. Entah sampai kapan.

Seniman sejati bagi seniman lain ialah ia yang taat kepada apa yang telah ia komitmenkan. Totalitas dan integritas menyamai dedikasi. Ia akan menikmati ketika inspirasi menghampiri dan akan menganggur ketika ia pergi. Ia akan teguh pendirian jika seseorang menentang apa yang ia pikirkan. Walau pada akhirnya kebutuhan menjadi tanggungan yang tak mungkin terlupakan. Disini akan terlihat, yang manakah Seniman

About tuanjuan_

i'm a geek who love adventure
Image | This entry was posted in #quote, PikiranPikiran, Retorika and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s