Perguruan Silat Lidah

Di salah satu kedai makan tempat aku menaruh pantat dan membuka mulut melahap makanan sampah, disebelahku terdapat tiga bersaudara yang sedang berdebat mengenai perguruan tinggi yang akan dipilih.

Dari pembicaraan mereka, maaf jika aku menguping, mereka sudah memliki pilihan pertama,  sekarang tinggal mencari pilihan kedua dan ketiga (dia ambil IPC).

Yang lucu, kakak2nya yang sibuk memilihkan jurusan-jurusan yang akan diambil oleh adiknya itu. Mengapa adiknya tidak memilih sendiri? Mungkin, kakaknya merasa lebih tahu dan lebih pengalaman dalam memilih perguruan tinggi (SBMPTN 2014). Belakangan ketahuan bahwa mereka memang berasal dari keluarga alumni perguruan tinggi ternama dan dengan latar belakang ilmu yang cukup beragam.

Dari komentar-komentar yang dilontarkan oleh kakak yang cerewet (yang paling banyak bicara dan terlihat bahwa ia yang pegang kendali dalam pembicaraan) terlihat bahwa kakak tersebut terbiasa dituruti keinginannya dan jelas
walau berusaha terlihat tegar dan mandiri. Sang Kakak kerap melontarkan komentar “kamu pilih Arsitek aja. …jangan Ilmu Gizi..soalnya kan kampusnya keren” atau “udah deh, mending ke UGM aja dari pada ITB ” dst. .dst. .

Seakan ia yang menginginkan masuk ke jurusan-jurusan yang ia sebutkan tadi. Seakan ia juga menyesal dengan pilihan yang diberikan kepadanya dahulu ketika ia berada diposisi sang adik. Namun itu hanya pendapatku saja.

Dan sang adik, kebanyakan diam dan berbicara kepada abang laki-lakinya di telepon,  karena sepertinya ia lebih memilih mendengar kata-kata abang laki-lakinya itu dibandingkan kakak perempuannya. Entah bagaimana nantinya ia ketika menjalani masa-masa perkuliahan.

Perdebatan panjang dan berulang mengenai jurusan apa yang akan dipilih terus berlangsung hingga akhirnya ditemui kesepakatan.  Dan segera setelah formulir pendaftaran dikirim, mereka pergi.

Baiklah. ..jadi kesimpulannya, internet gratis akan menarik perhatian siapapun. ..dimanapun. .dan. …kapanpun. ..

image

XD

Advertisements

About tuanjuan_

i'm a geek who love adventure
This entry was posted in #LiFe, monolog, PikiranPikiran and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s