kala menunggu

kala menunggu

kembali malam itu kamu pulang dengan langkah mantap, segera ingin sampai ke kamar kontrakan yang sudah menanti. Pikiranmu melayang-layang ke teori Mandelbrot dan ( c, c² + c, (c²+c)² + c, ((c²+c)²+c)² + c, (((c²+c)²+c)²+c)² + c, …)

The Mandelbrot set is the set of complex numbers ‘c’ for which the sequence ( c, c² + c, (c²+c)² + c, ((c²+c)²+c)² + c, (((c²+c)²+c)²+c)² + c, …) does not approach infinity. The set is closely related to Julia sets (which include similarly complex shapes) and is named after the mathematician Benoit Mandelbrot, who studied and popularized it. Mandelbrot set images are made by sampling complex numbers and determining for each whether the result tends towards infinity when a particular mathematical operation is iterated on it. Treating the real and imaginary parts of each number as image coordinates, pixels are colored according to how rapidly the sequence diverges, if at all.

Pola

Pengulangan yang terjadi disekitarmu membuatmu yakin bahwa hidup, salah satu bagian dari gambar besar yang ada, dapat dijelaskan oleh teori ini. Perasaan yang sama kamu rasakan berulang kali hingga mendekati tak hingga, sama seperti yang Mandelbrot jelaskan dalam sequencenya. Bahkan insecurity pun datang secara bersamaan dengan perasaan tersebut.

Pola interaksi antar manusia pun menunjukkan pola tersebut, pengulangan kebiasaan yang memang sulit untuk dirubah. Sama halnya seperti pola makan, perut lapar yang sudah meminta diisi pun di abaikan demi menghemat uang yang memang tidak banyak. Pola hidup kurang tidur karena sibuk mencari penghasilan tambahan yang tak kunjung datang atau mungkin juga berpengaruh kepada pola asumsi yang sudah tahu salah namun tetap saja dilakukan.

Pola-pola yang serba cepat berubah jika dilihat gambaran besarnya akan memberikan sebuah pola sederhana yang berulang. Aksi reaksi terjadi sehingga mengakibatkan pembelokan pola namun pada akhirnya akan kembali ke jalur semula dan tiap-tiap pola memiliki kecepatan berubah yang berbeda. Warna pada gambar dibawah menjelaskan hipotesa tersebut

mandelbrot bifurkasi

source pic: https://goo.gl/xGpW5K

Benteng

Ketika interaksi antar manusia mengalami masa suram, mereka cenderung mendirikan benteng tinggi disekeliling mereka sehingga cahaya cenderung meredup disekeliling mereka dan bahkan kegelapan menyelimuti, masa kesepian melanda dan insekuritas meningkat. Perasaan tidak mampu untuk bersaing sinergi dengan insekuritas tersebut dan mempengaruhi rasa percaya diri. Solitude adalah jawaban paling mudah yang bisa direalisasikan. Mereka akan terlihat seakan tidak punya teman dan tidak ada tujuan namun sebenarnya mereka sedang mempelajari pola. Apa yang akan terjadi dengan aksi demikian. Bagaimana reaksi yang akan terjadi? Berapa kemungkinan reaksi yang terjadi dari aksi tersebut. Namun tidak semua paham pola pemikiran tersebut sehingga mereka yang tidak paham akan berpikir bahwa individu tersebut sulit untuk dimengerti, terkadang dibilang berlebihan dan cenderung gila. Radikal bebas dalam wujud manusia.

Menunggu

Dan dalam kesendirian ku bersabar

Terinspirasi dari kata-kata pada sebuah judul blog buah tulisan @adeirmapertiwi yang berjudul sabar dalam kesendirian, maka menunggu ialah hal terbaik yang dapat dilakukan dalam mempelajari pola-pola yang terjadi. Tentunya kamu tidak mengharapkan benteng tinggi menghalangi jalan yang kamu tempuh sekarang. Perjalanan masih jauh, tentu saja dan badai takkan pernah usai, itu sudah pasti namun kaki tetap melangkah, itu yang kamu tahu. Itulah aku.

Dan pola pun terus bergulir, mengalir… hingga malam yang dari tadi memandangi dari kejauhan cuma bisa tersenyum.

About tuanjuan_

i'm a geek who love adventure
This entry was posted in #LiFe and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s