Nasi liwet diatas daun pisang

image

https://instagram.com/p/fwraC-QD3T/

Modal dengkul, beras, ama peralatan masak secukupnya untuk bisa menikmati rasa kebersamaan itu. Entah apa bisa kembali terulang lagi dengan orang – orang yang sama.

Modal dengkul, beras, ama peralatan masak secukupnya untuk bisa menikmati rasa kebersamaan itu. Entah apa bisa kembali terulang lagi dengan orang – orang yang sama.

Dalam berkegiatan di alam, asupan energi dari makanan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga stamina dn ketahanan tubuh. Karena faktir budaya, masyarakat Indonesia terbiasa memakan nasi dan olahannya, salah satunya ialah nasi liwet khas pulau Jawa. Kenapa pulau jawa? karena di luaran sana banyak yang membuat berbagai resep dengan mencirikan daerah masing-masing dan menamakan nasi liewt di imbuhi dengan nama daerahnya, seperti nasi liwet khas sunda atau nasi liwet khas solo dan lain sebagainya. Supaya adil, maka nasi liwet pulau Jawa menjadi pilihan penulis sebagai solusi dari penamaan nasi liwet yang akan kita buat.

Ada berbagai macam cara membuat nasi liwet. Jika menggunakan mesinpencari dan memasukkan kata kunci ‘nasi liwet, resep’ maka akan muncul 187.000 hasil pencarian dalam waktu 0.42 detik (menggunakan mesin pencari Google). salah satunya ialah yang menampilkan resep ini:

1. http://resep-om.blogspot.co.id/2015/01/resep-cara-membuat-nasi-liwet-sunda.html

2. http://kokiandalan.blogspot.co.id/2014/09/resep-nasi-liwet-asli-khas-sunda.html

Namun, apabila kondisi kita di alam bebas, tidak semua bahan-bahan tersebut bisa kita dapatkan kecuali kita membawanya, dan jika membawa terlalu banyak barang yang tidak perlu maka kita akan menyulitkan diri kita sendiri ketika di alam bebas. Yang perlu dilakukan ialah memodifikasi sedikit resep yang telah umum diketahui.

Dengan bahan-bahan seperti ini:

1. beras secukupnya

2. air secukupnya

3. garam

4. minyak goreng

maka nasi liwet dapat kita buat dengan cara:

1. bersihkan beras

2. tambahkan air (2 buku jari diatas ketinggian beras)

3. garam (secukupnya)

4. sedikit minyak goreng

5. masak (diatas api kecil)

setelah sekitar 30-40menit, nasi liwet siap disantap dan dihidangkan di atas daun pisang (atau daun apapun yang cukup besar) dan santap bersama bisa segera dimulai. lauk pauk bisa bervariasi, tergantung persediaan logistik maupun bisa juga ditambah dengan flora dan fauna yang didapat dari sekitar tempat berkemah.

selamat menikmati!

About tuanjuan_

i'm a geek who love adventure
This entry was posted in #LiFe and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s