[trip] Berjalan dengan kepercayaan

“…with people that i know and i trust.”

Kata-kata Jimmy Chin dari trailer di atas yang merupakan sesuatu yang sulit didapatkan saat ini ketika berjalan bersama kenalan baru ketika menikmati alam.

Kepercayaan itu sulit didapat. Bahkan bagi mereka yang telah berjalan dan kenal cukup lama pun masih dapat merusak hubungan kepercayaan yang ada. Hal yang sulit didapat namun mudah untuk dirusak.

Berjalan bersama orang-orang baru yang kamu kenal membuat kemampuan beradaptasi perlu bekerja secara maksimal agar dapat menyeimbangkan kepentingan pribadi dan kepentingan social. Namun, walau bagaimanapun juga, jika kita berhasil menjaga kepentingan itu supaya seimbang, belum tentu pihak lain di sekitar kita mampu melakukannya, sehingga kemungkinan konflik akan selalu ada.

Ciremai_20151206_154806880

Berkata lalu melakukannya itu tak semudah yang dipikirkan, terutama jika kamu tidak terlatih untuk melakukannya. Dalam sebuah perjalanan, menepati waktu adalah hal mendasar yang bisa dilakukan untuk bertahan hidup. Jika waktu makan telah tiba, maka sebaiknya kita makan. Jika sudah waktunya beristirahat, maka sebaiknya kita beristirahat. Segala sesuatu yang sesuai akan jauh lebih harmonis jika semua sesuai dengan rencana.

Selama setahun ini, beberapa perjalanan telah dilakukan dan setiap perjalanan tersebut mempunyai cerita tersendiri lengkap dengan semua pencapaian yang di raih dan hal-hal yang menjadi kenangan. Seperti kenangan es teh manis setelah berjalan kaki di kota Semarang, saling kejar-kejaran dengan hujan menuju air terjun Pelangi (Coban Pelangi) di kota Malang, pendakian jalur penuh sampah di gunung Cikuray, hingga yang baru saja dilakukan, membuktikan kembali bahwa air itu memang berat di gunung Ciremai.

Pos Arban , 2050mdpl

A photo posted by Tubagus Juan Carlos Lawalata (@tuanjuan_) on

Perjalanan beberapa minggu lalu ke gunung Ciremai (-6.89333,108.3715614) merupakan perjalanan dengan resiko karena dilakukan pada musim penghujan dan juga dengan kondisi fisik yang tidak maksimal. Namun, karena kebulatan tekad dan karena waktu yang telah diberikan untuk mempersiapkan perjalanan kali ini, dan karena memang tidak terbiasa membatalkan rencana yang berhubungan dengan orang banyak, maka usaha untuk menjadikan perjalanan ini tetap berlangsung benar-benar di upayakan semaksimal mungkin.

Manajemen perjalanan_hal mudah namun sering di lupakan.

Dalam melakukan perjalanan, rencana yang matang sangat diperlukan begitu pula dengan pemikiran yang fleksibel ketika mengalami perubahan karena sesuatu hal yang terjadi ketika di lapangan, conditional situation. Hal tersebut perlu dimengerti oleh seluruh anggota tim namun yang terpenting ialah dimengerti dan dapat dilakukan oleh pemimpin perjalanan. Siapa pemimpin? Ia yang mampu mengajak dan mengatur perjalanan dan memastikan seluruh anggota tim berangkat dan kembali dengan selamat dan mempunyai tanggung jawab terhadap diri dan anggota tim. Setiap orang bisa menjadi pemimpin. Walau judulnya berlibur, namun perlu persiapan dan pengetahuan dasar ketika bermain ke alam. Bukan sekedar mengejar puncak dan berfoto-foto.

Ketika dalam suatu perjalanan, bisa melakukan apa yang direncanakan, maka itu merupakan salah satu parameter keberhasilan. Ada beberapa tipe penikmat alam yang menyatakan tidak pernah merencanakan perjalanan dan hanya mengikuti kemana keki melangkah. Hal itu pun, secara sadar maupun tidak, ketika menentukan kemana kaki tersebut akan melangkah, sudah merupakan proses perencanaan.

Karena bermain-main di alam berhubungan dengan keamanan dan nyawa, maka sangat disarankan untuk merencanakan setiap perjalanan. Bahkan para penjelajah professional pun melakukannya.

Thanks to @lanawandini yang udah ngajak kemari

A photo posted by Tubagus Juan Carlos Lawalata (@tuanjuan_) on

 

“gagal merencanakan ialah merencanakan kegagalan”

 

About tuanjuan_

i'm a geek who love adventure
This entry was posted in #aksararaska, #Catatan perjalanan, #gunung, #hiking, #LiFe, #outdoor, #sosial. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s