8 peralatan dasar untuk backpacking minimalis

Terkadang kita ingin pergi bertualang, jalan-jalan atau sekedar mencari udara segar ke gunung namun tak ingin membawa beban terlalu banyak di backpack. Kini, dengan banyaknya pilihan produk lightweight (bahkan ultra lightweight) yang ditawarkan di toko peralatan outdoor, maka tentunya mereka yang mempunyai uang akan dengan mudah memilih barang – barang tersebut yang harganya tidaklah murah. Namun alangkah baiknya kita menggunakan barang – barang yang biasa kita gunakan tanpa perlu membeli barang-barang baru, yang terpenting ialah mengetahui kebutuhan mendasar yang kita perlukan ketika di alam bebas.

1. backpack 35lt -55lt
Ukuran dan bahan bervariasi, yang terpenting ialah bisa memuat perlengkapan yang kita akan bawa dan nyaman untuk di gunakan. Brand atau harga mahal tidak menjadi jaminan kualitas yang baik. 

2. lightweight sleeping bag / sarung bag
Ukuran packing yang menjadi perhatian utama disini. Mengingat lokasi negara kita di daerah tropis, maka perhatikan bahan sleeping bag yang akan digunakan. Bahan untuk daerah sub-tropis tentunya akan terlalu panas dan mengakibatkan badan akan berkeringat ketika sedang tidur dan malah akan mengurangi cairan tubuh. Sangat disarankan untuk menggunakan sarung-bag (dua sarung dijait menjadi satu) karena selain murah, hangat dan cocok untuk daerah tropis.

3. Flysheet / tarp
Shelter yang ringan di udara tropis sangat diperlukan, terutama di daerah dengan curah hujan yang tinggi, memiliki flysheet yang praktis di gunakan baik untuk melindungi dari hujan maupun dari panas.

4. lightweight stove / paraffin
Kompor ringan dan converter untuk tabungan gas yang biasa di jual di pasar merupakan pilihan paling baik saat ini. Harga yang terjangkau, penggunaan yang praktis, packing ringan dan tidak memakan tempat menjadikan kompor gas ini merupakan teman yang baik mencegah kelaparan. Alternatif lain ialah menggunakan bahan bakar padat paraffin yang biasa digunakan TNI. Bagi sebagian orang, aroma paraffin kurang nyaman di penciuman namun kenyamanan perut lebih utama :)

5. Nesting
Wadah memasak yang biasa digunakan TNI masih menjadi pilihan. Selain bahan yang kuat, bisa memuat kompor dan bahan minuman seperti kopi, teh, susu dan gula dan ukuran yang praktis ketika di packing. 

6. Jerigen (foldable)
Tempat air ketika camp memuat 5 liter air dan ketika tidak digunakan bisa di lipat sehingga tidak memakan tempat banyak seperti jerigen biasanya. Harga yg sangat terjangkau membuat ia menjadi pilihan baik ketika bepergian.

7. Hammock
Bersantai melepas lelah sambil bergoyang di hammock sambil menikmati teh manis hangat merupakan kenikmatan yang setiap pendaki rasakan ketika di sore hari setelah seharian berjalan terkena panas. Dan karena memang tidak ada tenda maka hammock menjadi tempat tidur utama, jika memang memutuskan untuk bermalam. Maka, pilih lah hammock sesuai dengan kebutuhan yang kuat dan ringan. 

8. Pisau survival
Bagi beberapa orang pendaki, pisau merupakan alat yang paling penting, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di Alam, sebaik mungkin kita sudah merencanakan, jika memang sudah ditakdirkan untuk terjadi sesuatu terhadap diri kita di Alam bebas, yang bisa kita lakukan hanyalah bertahan hidup. Maka memiliki sebuah pisau yang baik dan terawat merupakan hal yang mendasar–tentunya dengan dibekali pengetahuan tentang teknik bertahan hidup.

Demikian, 8 peralatan dasar yang diperlukan untuk melakukan sebuah perjalanan dengan peralatan minimal namun memenuhi persyaratan safety procedure. Tiap pendaki, pejalan maupun petualang akan mempunyai pendapat yang berbeda tentang peralatan mendasar ini, karena gaya setiap orang berbeda-beda. Namun tentunya kita sepakat bahwa dalam setiap perjalanan yang paling penting ialah bagaimana kita kembali kepada orang-orang tersayang yang menunggu kita di rumah. Selamat berpetualang!

About tuanjuan_

i'm a geek who love adventure
This entry was posted in #catatanperjalanan, #LiFe, #lingkungan, #mountain, #outdoor, #safetyprocedure, #survival, #tips, #travel and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s